BLOG

17 Mar 2012
Author :
Kategori : DIRECTORS DESK

Dalam sebuah rapat perusaahan yang dihadiri lengkap oleh 3 orang direksi, 1 team event, 1 orang staff dan 1 orang Project Marketing, yang agendanya adalah evaluasi team yang baru saja selesai menjalankan event, saya berkata cukup keras "Tidak ada yang bisa menjawab kenapa kalian dikumpulkan disini?Jadi kalian menganggap event kemarin itu baik-baik saja?" Semua masih diam. "Jangan bersikap arogan, saya benci orang-orang arogan seperti kalian!" Mereka makin diam. Mungkin mereka tidak pernah menduga kalimat keras itu jadi salah satu alinea pembuka rapat. Meskipun memang temanya evaluasi team. Yang jelas team itu jadi bertanya-tanya, kenapa predikat arogan dicap ke team mereka. Bukankah event yang jalan 2 hari itu sudah cukup lancar?

 
Read More


21 Dec 2011
Author :
Kategori : DIRECTORS DESK

22 DESEMBER 2008 - 22 DESEMBER 2011
Angka 22 dan 12 merupakan angka yang cukup sakral bagi Sembilan Communication, jika memang ditulis untuk merujuk pada keterangan waktu. Tentu saja yang dimaksud adalah tanggal 22 Desember. Saat tulisan ini dibuat, 3 tahun yang lalu...tepatnya pada tanggal 22 Desember 2008, sembilan orang membulatkan tekat dengan membentuk sebuah perusahaan baru di depan notaris. Perusahaan baru itu kemudian yang dikenal dengan nama PT. Jawara Kreasitama atau mungkin lebih dikenal dengan nama komersialnya Sembilan Communication yang sampai detik ini masih hidup, masih bertahan dan terus berjuang mempertegas visi dan misi perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa event organizer dan marketing communication.
Tulisan ini dibuat kira-kira 1 jam menjelang tanggal 22 Desember 2011 itu datang, dan dari awal...saya tidak ingin terjebak pada 1 hal...yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan keputusan perpindahan sembilan orang itu dari Omah Ungu Production (CV. Ungu Solusi Intermedia) ke Sembilan Communication. Saat ini, biarlah itu tetap menjadi cerita romantis masa lalu yang suka dukanya akan selalu bisa dikenang sampai kapanpun.
 
Read More


28 Feb 2012
Author :
Kategori : DIRECTORS DESK

Isi gudang itu telah ludes dilalap api. Tidak bersisa. Puluhan kardus kembang api, besar kecil, hanya tinggal arang dan bau yang tidak sedap. Di beberapa sudut masih menyisakan kepulan asap kecil. Atap gudang yang tadinya terbakar, kini telah padam dan runtuh, menganga lebar. Air sisa pemadam kebakaran mengalir di sela-sela kaki dan puing-puing kayu, hitam kecoklatan, masih hangat. Beberapa petugas pemadam kebakaran dan kepolisian masih bekerja di gudang itu. Mereka tampak sibuk mencatat dan melakukan analisa dari mana sebenarnya asal titik api. Sisa kotak sekering listrik, stop kontak semua didokumentasikan dengan kamera saku. Di teras belakang beberapa polisi terlihat meminta keterangan dari beberapa orang karyawan. Total kerugian mungkin mencapai milyaran rupiah, namun yang patut disyukuri adalah tidak ada korban jiwa. Bahkan beberapa hewan reptil, dari ular, kura-kura sampai tarantula, yang juga dijual dan disimpan di dekat gudang itu, semua bisa diselamatkan.
 
 
Read More


12 Feb 2012
Author :
Kategori : DIRECTORS DESK

Perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa memiliki beberapa keterbatasan, diantaranya adalah kemungkinan terjadinya perbedaan pengukuran dari nilai jasa yang ditawarkan antara perusahaan dengan client-nya atau bisa disebut juga pihak pemakai jasa. Apalagi jika jasa yang ditawarkan berhubungan dengan sebuah karya seni yang mengandung segala komponen seni dan kreativitas saat proses pembuatannya. Tentu akan jauh lebih sulit untuk mendapatkan kesamaan pengukuran jika dibanding dengan penyedia produk dimana nilai atau harga barang yang ditawarkan bisa lebih mudah untuk diperkirakan. Dalam contoh sederhana, kita bisa sangat paham ketika seorang ibu yang sedang berwisata di kawasan Malioboro "mencak-mencak" ketika anak-anaknya merengek minta dilukis dan diberi harga Rp.300.000,- / gambar sketsa oleh seorang pelukis jalanan yang sudah berumur. "Hah! Yang bener aja pak, duit segitu bisa saya pakai mandi, gak pake air tapi pake air teh kemasan!" Katanya sambil ngeloyor pergi. Harga jasa lukis ditambah hasil karya seni berupa lukisan yang merupakan pembelajaran seni dengan pengalaman belasan tahun, dibuat berdasarkan pesanan khusus tentu tidak bisa disandingkan dengan harga air teh kemasan yang diproduksi masal oleh perusahaan berskala nasional karena parameter pembandingnya jelas berbeda. Belum lagi faktor popularitas brand...dalam contoh di atas ketenaran nama pelukis atau brand image dari merk teh kemasan sengaja tidak dipertimbangkan.
 
Read More


23 Mar 2012
Author :
Kategori : DIRECTORS DESK

Setelah menulis AROGANSI AGENCY 1, saya tergelitik untuk meneruskan pembahasannya disini, yang kemudian saya beri judul AROGANSI AGENCY 2. Tergelitik karena ketika googling di internet kata ‘EO di Jogjakarta’, yang muncul adalah beberapa alamat situs, forum dan iklan beberapa Event Organizer yang ada di Jogjakarta tentunya. Ada yang salah? Sebelum menjawabnya ijinkanlah saya ajak untuk memulai pembahasan dari sudut pandang yang lain, yang belum tentu 100% benar karena sudut pandang ini hanya berdasar penilaian saya yang mentah dan tidak memiliki latar belakang ilmu komunikasi dan pemasaran secara formal, jelas subyektif.

 
Read More


25 Mar 2012
Author :
Kategori : DIRECTORS DESK

***
"Ketika ada sesuatu yang tengah kau pikirkan...
sedangkan pena sudah ada di genggaman tanganmu, mulailah menulis.
Ketika ada emosi yang tengah kau rasakan...
sedangkan gitar sudah ada di depanmu, mulailah bernyanyi.
Dan biarkan orang yang memberikan penilaian atas tulisanmu atau lagumu.
Karena nilai kita akan setinggi apa yang kita tulis atau apa yang kita nyanyikan."
***
 
Read More